Selasa, 12 Februari 2013

Daftar Top 10 Karakter Terbaik Anime 2011

Kali ini, saya akan mengumumkan daftar sepuluh karakter anime terbaik yang muncul di tahun 2011. Karakter tersebut dinilai dari keunikan, desain, dan perkembangan karakter di serial animenya. Penilaian ini mungkin sangat subyektif, jadi mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. Dan inilah dia, sepuluh karakter anime terbaik selama tahun 2011  :

#10 John Doe (Yumekui Merry)


Daftar ini dibuka dengan karakter unik dari anime Yumekui Merry, Joh Doe. Penampilan yang menarik dan mencolok langsung membuat makhluk dari alam mimpi ini masuk sebagai salah satu karakter terunik di tahun 2011. Selain penampilan dan kepribadiannya yang misterius, dalam kemunculannya, John Doe diikuti oleh puluhan kucing sebagai tanda kehadirannya. Menjadikan tokoh satu ini menarik dengan kostum yang sangat menginspirasi.


#9 Kotetsu T. Kaburagi (Tiger & Bunny)


Salah satu superhero dari anime Tiger & Bunny masuk di peringkat kesembilan. Kotetsu T Kaburagi atau yang dikenal sebagai Wild Tiger, superhero yang mampu meningkatkan kekuatan fisiknya ratusan kali lipat dalam 5 menit.
Superhero yang sudah veteran dalam membasmi kejahatan ini dihadapkan pada ketidak populeran dirinya dibanding rekan-rekan seprofesinya. Hal itulah yang membuatnya masuk dalam proyek Tiger & Bunny. Meski terkadang ceroboh dan sedikit konyol, namun Kotetsu adalah seorang yang gentleman, memegang teguh prinsip-prinsip superhero, seperti menjaga identitas, kemunculan yang dramatis, dan baik hati.


#8 Ayase Chihaya (Chihayafuru)


Gadis yang menemukan mimpinya dalam permainan Karuta ini berhasil menduduki peringkat kedelapan. Ayase Chihaya memiliki konsep karakter sebagai "seorang cewek tomboy yang terperangkap dalam tubuh supermodel" atau "kecantikan yang sia-sia" lantaran dia tidak menyadari potensi yang ada pada dirinya dan malah menekuni hal-hal yang seringkali dipandang sebelah mata oleh orang lain.
Meski demikian Chihaya digambarkan sebagai seseorang yang pantang menyerah dan baik hati yang cenderung naif. Dia juga punya kebiasaan buruk mengatakan secara langsung hal-hal yang terlintas di kepalanya.


#7 Yuzuriha Inori (Guilty Crown)


Yuzuriha Inori merupakan salah seorang karakter dari anime Guilty Crown, digambarkan sebagai vokalis band Egoist yang sangat terkenal di dunia maya, sekaligus seorang anggota kelompok gerilyawan Funeral Parlor.
Karakter yang menonjol dari Inori adalah seorang gadis cantik bersuara merdu, namun dibalik itu semua ia bisa saja menjadi dingin dan melakukan tugas apapun yang diberikan kelompok gerilyawan kepadanya. Namun sedikit demi sedikit ia mengalami perkembangan karakter seiring bergulirnya serial Guilty Crown. Gadis yang merasa hanya sebagai beban, tetapi mencoba melindungi orang terdekat ini pun masuk ke posisi ketujuh dalam daftar tokog favorit 2011.


#6 Yozora Mikazuki (Boku wa Tomodachi ga Sukunai)


Selanjutnya adalah cewek dengan karakter unik, Yozora Mikazuki dari anime Boku wa Tomodachi ga Sukunai.
Digambarkan sebagai seorang gadis cantik berambut hitam panjang (mengingatkan kita pada Mio Akiyama-nya K-ON) namun egois. Kepribadiannya yang kadar, intimidatif, manipulatif, dan cenderung tertutup membuat dirinya dijauhi oleh teman-teman sekelas. Hanya di klub pertemanan-lah Ia mendapat kawan-kawan yang mau bergaul dengannya. Meski demikian, tetap saja sifatnya yang sulit itu membuat kawan-kawannya yang lain harus mengalah.
Gadis yang sangat pintar berdebat ini pun masuk ke peringkat keenam di daftar tokoh favorit 2011.


#5 Kyuubey (Mahou Shoujo Madoka Magica)


Setelah sebelumnya karakter-karakter di daftar ini diisi oleh karakter manusia dan makhluk yang mirip manusia (John Doe?). Kali ini ada makhluk imut mirip kucing yang menghuni peringkat kelima, Kyuubey dari anime Mahou Shoujo Madoka Magica.
Kyuubey sendiri adalah makhluk ajaib yang dapat mengabulkan permintaan seseorang, sebagai konsekuensi seseorang tersebut dijadikan seorang Mahou Shoujo yang bertempur dengan para Witches. Sifatnya yang sangat kalem dan wajahnya yang selalu tersenyum di segala suasana, membuat karakter yang tidak bisa mati ini menjadi benar-benar tidak bisa ditebak. Posisinya yang entah baik atau jahat, lucu atau sadis, egois dan penipu masih menjadi kontroversi dalam anime MadoMagi. Menjadikannya sebagai salah satu karakter imut yang super aneh dan misterius.


#4 Yuno Gasai (Mirai Nikki)


Tahun 2011 ini memang dipenuhi karakter yang unik, salah satunya adalah gadis misterius  dari anime thriller psikologi Mirai Nikki, Yuno Gasai
Yuno sendiri adalah seorang gadis yang cantik, pintar (bahkan cenderung jenius) dan menjadi idola di kelasnya. Namun, dibalik kesehariannya yang normal, ternyata memiliki kepribadian yang menyimpang yakni kecenderungan obsesif kompulsif akan cintanya yang mendalam dengan Yukiteru, tokoh utama dari Mirai Nikki. Sehingga mau berbuat apapun, bahkan melakukan tindakan gila demi orang yang dicintainya itu. Sebagai pemilik salah satu diary bersama Yukiteru, mereka merupakan pasangan terkuat dalam menghadapi setiap lawannya.
Kepribadiannya yang misterius dan cenderung sadis, membuat gadis psikopat ini berada di peringkat keempat di daftar tokoh favorit 2011.


#3 Kanji Tatsumi (Persona 4 The Animation)


Meski didominasi oleh karakter perempuan, di posisi ketiga ditempati oleh seorang pemuda dari anime Persona 4 the Animation, Kanji Tatsumi.
Kanji sendiri digambarkan sebagai seorang siswa nakal dengan dandanan ala preman, sifat yang cenderung keras, dan gaya bicara yang kasar. Namun dibalik itu semua, ia memiliki kepribadian yang baik, bahkan hati yang sangat lembut. Namun itu selalu ia tutupi dengan tingkahnya yang tegas.
Sisi menarik dari Kanji adalah sering bertingkah konyol ketika berhadapan dengan hal-hal yang membuatnya gugup atau menguji kejantanannya. Pemuda yang jaim ini juga selalu menjadi bahan ledekan teman-teman yang sering Ia panggil dengan panggilan "senpai" (kakak kelas). Meski demikian kekuatan dan Persona yang dimilikinya adalah nilai tambah dari pemuda satu ini.


#2 Meiko "Menma" Honma (AnoHana)


Posisi Runner Up dihuni oleh seorang gadis mungil dan imut dari anime AnoHana, Meiko Honma alias Menma.
Menma digambarkan sebagai seorang gadis polos yang baik hati cenderung naif, selalu berpakaian gaun dan berjalan tanpa alas kaki kemanapun. Meski selalu berusaha ceria dan menghibur teman-temannya, namun menyimpan kesedihan yang mendalam di hatinya.
Pada awal serial AnoHana, Menma ditampilkan sangat misterius dengan kemunculan yang aneh. Gadis childish yang senang bermain-main ini pun mulai terkuak seiring berjalannya anime. Meskipun karakter ini bisa dibilang biasa-biasa saja, namun keinginannya yang mendalam di akhir kisah AnoHana menjadikan karakter ini pantas berada di posisi kedua.


#1 Homura Akemi (Mahou Shoujo Madoka Magica


Dan inilah dia karakter yang menduduki posisi pertama dan menjadi jawara sebagai karakter anime terbaik di tahun 2011, dari anime terkenal Mahou Shoujo Madoka Magica, Homura Akemi.
Digambarkan di awal serial MadoMagi sebagai seorang gadis cantik berambut hitam panjang, dengan sifat yang pendiam dan tertutup. Sebagai seorang Mahou Shoujo, Ia memiliki kekuatan memanipulasi waktu, seperti menghentikan waktu untuk menyiapkan serangan terhadap lawannya. Selain itu, perisai di tangannya mampu ia gunakan untuk menyimpan segala perlengkapan perang sebanyak apapun.


Terlepas dari itu semua, yang membuat saya tertarik dan menempatkan Homura Akemi sebagai karakter terbaik lebih kepada bagaimana Homura menjadi seperti sekarang, yang hanya bisa diketahui dengan menonton serial anime-nya. Banyak hal menyangkut Homura yang membuat kita tersentuh. Kebaikan hatinya, keteguhannya, dan perhatiannya yang besar yang tidak tampak pada perilaku dan penampilannya, namun dapat dipahami oleh semua yang melihat sepak terjangnya.
 
 
sumber : http://fun-otaku.blogspot.com/2011/12/daftar-top-10-karakter-terbaik-anime.html

0 komentar:

Posting Komentar