SOAL DAN
PEMBAHASAN
MATEMATIKA SMP/MTs
1. * Kemampuan yang
Diuji
Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi
pada bilangan bulat
* Indikator
Soal
Menentukan hasil operasi campuran
bilangan bulat
* Soal
Hasil
dari (- 12) : 3 + 8 x (- 5) adalah ....
A. - 44 C. 28
B. - 36 D. 48
* Kunci Jawaban: A
* Pembahasan
(- 12) : 3 + 8 × (- 5) = - 4 +
(-40)
= - 44
2. * Kemampuan yang
Diuji
Menghitung hasil operasi tambah,
kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi
hitung bilangan bulat
* Soal
Suhu
tempat A adalah 100 C di bawah nol, suhu tempat B adalah 200C
di atas nol, dan suhu tempat C adalah tepat di antara suhu tempat A dan tempat
B. Suhu tempat C adalah ....
A. – 150 C. 50
B. – 50 D. 150
* Kunci Jawaban: C
* Pembahasan
100 di bawah nol diartikan – 100,
sedangkan 200 di atas nol diartikan + 200.
Selisih antara – 100
dengan + 200 adalah 300, karena tempat C di antara tempat
A dan B, maka: 300 : 2 = 150. Suhu tempat C adalah – 100 + 150
= 50.
3. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bilangan pecahan
* Indikator
Soal
Mengurutkan
beberapa bentuk pecahan
* Soal
Urutan dari kecil ke besar untuk
pecahan adalah ....
A. C.
B. D.
* Kunci jawaban: D
* Pembahasan
KPK dari 5, 9, dan 7 adalah 315, maka: , , dan
Urutan dari kecil ke besar adalah , , atau
4. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bilangan pecahan
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan operasi hitung pecahan
* Soal
Luas
taman pak Ahmad 300 m2. bagian ditanami bunga
mawar, bagian ditanami bunga
melati, bagian ditanami bunga
anyelir, dan sisanya dibuat kolam.
Luas kolam adalah ....
A. 45 m2 C. 65 m2
B. 55 m2 D. 75 m2
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan
KPK dari 3, 4, dan 5 adalah 60.
Bagian untuk kolam adalah 1 – (++) = 1 – ( + + )
=
1 –
=
Luas kolam = × 300 m2
= 65 m2
5. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan
* Indikator
Soal
Menentukan salah satu dari jarak
sebenarnya, skala, atau jarak pada gambar
* Soal
Jarak
sebenarnya antara dua kota 80 km, sedangkan jarak pada peta 5 cm. Skala peta tersebut
adalah ....
A. 1 : 400 C.
1 : 160.000
B. 1 : 40.000 D. 1 : 1.600.000
* Kunci
jawaban: D
* Pembahasan
Jarak sebenarnya 80 km = 8.000.000 cm, jarak pada peta 5
cm.
Skala peta adalah 5 : 8.000.000 = 1 : 1.600.000
6. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan
* Indikator
Soal
Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan senilai
* Soal
Sebuah mobil memerlukan 15 liter bensin
untuk menempuh jarak sejauh 180 km. Jika tangki mobil tersebut berisi 20 liter
bensin, jarak yang dapat ditempuh adalah ....
A. 320 km C.
230 km
B. 240 km D.
135 km
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan
15 liter → 180 km
20 liter → km = 240 km
Jarak yang dapat ditempuh dengan 20 liter bensin adalah
240 km.
7. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan
skala dan perbandingan
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai
* Soal
Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 15
pekerja dalam waktu 12 minggu. Jika pekerjaan itu harus selesai dalam 9 minggu,
banyak pekerja yang harus ditambah adalah ….
A. 3 orang C. 5 orang
B. 4 orang D. 20 orang
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan
15 pekerja → 12
minggu
a pekerja → 9 minggu
maka :
9a = 180
a
= 20
Banyak tambahan pekerja adalah 20 – 15 = 5 orang.
8. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan jual beli
* Indikator
Soal
Menentukan salah satu dari harga
pembelian, harga penjualan, atau persentase untung/rugi
* Soal
Harga
pembelian 2 lusin buku Rp76.800,00. Buku dijual eceran dengan harga Rp4.000,00 tiap buah. Persentase untung atau
ruginya adalah ....
A. untung 25% C. untung 20%
B. rugi 25% D. Rugi 20%
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan
2 lusin = 24 buah.
Harga pembelian tiap buah =
Rp76.800,00 : 24
= Rp3.200,00
Harga penjualan tiap buah Rp4.000,00
Karena harga penjualan lebih besar dari pembelian, maka ia
mendapat untung.
Untung =
Rp4.000,00 – Rp3.200,00
=
Rp800,00
Persentase untung adalah = 25%
9. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan jual beli
* Indikator
Soal
Menentukan salah satu dari harga
pembelian, harga penjualan, atau persentase untung/rugi
* Soal
Dengan harga jual Rp9.000.000,00 seorang
pedagang rugi 10%. Harga pembeliannya adalah ....
A. Rp10.000.000.00 C.
Rp8.100.000,00
B. Rp9.900.000,00 D. Rp900.000,00
* Kunci
jawaban : A
* Pembahasan
Pembelian =
100%
Rugi = 10%
Penjualan =
100% - 10% = 90% (Rp9.000.000,00)
Harga pembeliannya adalah Rp9.000.000,00 = Rp10.000.000,00
10. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbankan dan koperasi
* Indikator
Soal
Menentukan
salah satu dari persentase bunga, waktu, atau besar uang setelah n bulan
* Soal
Andi
menabung uang sebesar Rp800.000,00 di Bank dengan bunga 6% per tahun.
Jumlah tabungan Andi setelah 9 bulan adalah
....
A.
Rp836.000,00 C. Rp848.000,00
B.
Rp840.000,00 D. Rp854.000,00
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan
Bunga selama 1 tahun 6% =
Rp800.000,00
=
Rp48.000,00
Bunga selama 9 bulan =
Rp48.000,00
=
Rp36.000,00
Jumlah tabungan Andi setelah 9 bulan adalah Rp800.000,00 +
Rp36.000,00 = Rp836.000,00
11. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan barisan bilangan
* Indikator
Soal
Menyelesaikan
soal tentang gambar berpola
* Soal
Perhatikan
gambar pola berikut!
(1) (2) (3) (4)
Banyak lingkaran pada pola ke-25
adalah ….
A. 675 C.
600
B. 650 D.
550
* Kunci
jawaban: B
* Pembahasan
Pola ke-1 = 1 ´ 2 = 2
Pola ke-2 = 2 ´ 3 = 6
Pola ke-3 = 3 ´ 4 = 12
Pola ke-4 = 4 ´ 5 = 20
... (dst, hingga pola ke-25)
Pola ke-25 = 25 ´ 26
= 650
12. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan barisan bilangan
* Indikator
Soal
Menentukan
rumus suku ke-n barisan bilangan
* Soal
Rumus suku ke-n barisan bilangan
20, 17, 14, 11, … adalah ….
A. 23 – 3n C. 17 + 3n
B. 23n – 3 D. 17n + 3
* Kunci
jawaban: A
* Pembahasan
Beda tiap suku pada barisan bilangan tersebut adalah - 3.
Suku pertama (20) → ( -3 × 1) + 23
Suku kedua (17)
→ (
-3 × 2) + 23
Suku ketiga (14)
→ (
-3 × 3) + 23
Suku keempat (11) → ( -3 × 4) + 23
Jadi, suku ke-n → ( -3 × n) + 23 = – 3n + 23, atau 23 – 3n.
13. * Kemampuan yang Diuji
Mengalikan
bentuk aljabar
* Indikator Soal
Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar suku dua
* Soal
Hasil dari
(3p+q)(2p– 5q) adalah ....
A. 6p2 – 13pq – 5q2 C.
6p2 – 17pq – 5q2
B. 6p2 + 13pq – 5q2 D.
6p2 + 17pq – 5q2
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan
(3p+q)(2p– 5q) =
3p(2p – 5q) + q(2p – 5q)
= 6p2 – 15pq + 2pq –
5q2
= 6p2 – 13pq – 5q2
14. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi
atau kuadrat bentuk aljabar
* Indikator Soal
Menentukan hasil
operasi hitung bentuk aljabar
* Soal
Diketahui A = 2x + 4xy – 6y dan B = -5x –
7xy + y.
Hasil A – B adalah
....
A.
-3x + 11xy – 7y
B.
-3x - 11xy + 7y
C.
7x – 3xy + 7y
D.
7x + 11xy – 7y
* Kunci
Jawaban : D
* Pembahasan
A – B = (2x + 4xy – 6y) – (-5x –
7xy + y)
=
2x + 4xy – 6y + 5x + 7xy – y
=
2x + 5x + 4xy + 7xy – 6y – y
= 7x + 11xy – 7y
15. * Kemampuan yang Diuji
Menyederhanakan
bentuk aljabar dengan memfaktorkan
* Indikator Soal
Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar
* Soal
Bentuk sederhana
dari adalah ....
A. C.
B. D.
* Kunci
jawaban: B
* Pembahasan
=
=
16. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan
penyelesaian persamaan linear satu variabel
* Indikator Soal
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel
* Soal
Penyelesaian dari 2(3x – 6) = 3(x + 5) adalah ....
A. x = 1
B. x = 3
C. x = 6
D. x = 9
* Kunci
jawaban : B
* Pembahasan
17. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan irisan atau gabungan
dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau
gabungan dua himpunan
* Indikator Soal
Menentukan irisan dua himpunan
* Soal
Diketahui A = {x | x < 10, x bilangan prima} dan
B
= {x|1< x < 10, xbilangan ganjil}.
AB adalah ….
A. { 3, 4, 5 } C. { 2, 3, 5 }
B. { 3, 5, 7 } D. {1, 3, 5, 7 }
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan
A = {x | x < 10, x bilangan prima},
maka A={2,3,5,7},
B = {x|1< x < 10, xbilangan ganjil}, maka
B={3,5,7,9}
AB = {3,5,7}
18. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan irisan atau gabungan
dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau
gabungan dua himpunan
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan irisan atau
gabungan dua himpunan
* Soal
Dari 143 siswa, 95 siswa senang matematika, 87 siswa senang
fisika, dan 60 siswa senang keduanya.
Banyak siswa yang tidak
senang matematika maupun fisika ada ….
A. 21 orang C. 35 orang
B. 27 orang D. 122 orang
* Kunci
jawaban: A
* Pembahasan
Misal: yang senang
matematika adalah A, dan yang senang fisika adalah B, maka:
n(S) = n(A) + n(B) – n(AB) + n(AÈB)C
143 = 95 + 87 – 60 + n(AÈB)C
143 = 122 + n(AÈB)C
n(AÈB)C = 143 – 122
n(AÈB)C = 21
Jadi, siswa yang tidak senang matematika maupun fisika ada
21 orang.
19. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
* Indikator Soal
Menentukan diagram panah/himpunan pasangan berurutan/ diagram
cartesius yang merupakan pemetaan/ fungsi
* Soal
Diketahui himpunan pasangan
berurutan :
(1). {(1, a), (2, a), (3, a), (4,
a) }
(2). {(1, a), (1, b), (1, c), (1, d) }
(3). {(1, a), (2, a), (3, b), (4, b) }
(4). {{1, a), (2, b), (1, c), (2, d) }
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan/fungsi
adalah ....
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (3)
D.
(2) dan (4)
* Kunci
jawaban : B
* Pembahasan
Pemetaan/fungsi dari himpunan A
ke himpunan B adalah relasi yang memasangkan setiap anggota A dengan tepat satu
anggota B, (1) dan (3) memenuhi syarat sebagai pemetaan/fungsi
20. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
* Indikator Soal
Menemukan nilai fungsi
* Soal
Rumus sebuah fungsi
adalah f (x) = 1 – 2x2.
Nilai f (-2)
adalah ....
A.
-7
B.
-3
C.
5
D.
9
* Kunci
jawaban : A
* Pembahasan
21. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan
gradien, persamaan garis dan grafiknya
* Indikator
Soal
Menentukan gradien garis
* Soal
Gradien garis dengan persamaan 4x
– 2y + 8 = 0 adalah ....
A.
2
B.
C.
D.
* Kunci
jawaban : A
* Pembahasan
Gradien garis dengan persamaan 4x – 2y + 8 = 0 adalah :
22. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan
gradien, persamaan garis dan grafiknya
* Indikator Soal
Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan
sejajar atau tegak lurus garis lain
* Soal
Persamaan garis melalui titik
(-4, -2) dan tegak lurus dengan garis 2x
+ 6y – 12 = 0 adalah ....
A.
3y = x – 2
B.
3y = - x – 10
C.
y = 3x + 10
D.
y = -3x – 14
* Kunci
jawaban : C
* Pembahasan
Gradien garis dengan persamaan 2x + 6y – 12 = 0 adalah
Gradien garis yang tegak lurus dengan garis 2x + 6y
– 12 = 0 mempunyai gradien 3
Persamaan garis melalui titik (-4, -2) dan tegak lurus
dengan garis 2x + 6y – 12 = 0 adalah :
23. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
* Indikator
Soal
Menentukan penyelesaian dari SPLDV
* Soal
Penyelesaian dari sistem persamaan x – 3y = 1 dan x – 2y =
2 adalah ....
A.
x = 1 dan y = 4
B.
x = 4 dan y = 1
C.
x = 2 dan y = 7
D.
x = 7 dan y = 2
* Kunci
jawaban : B
* Pembahasan
x – 3y = 1
x – 2y = 2
-y = -1 ® y =
1
x – 2y = 2 ® x =
2y + 2 ® x = 4
Jadi penyelesaiannya x = 4 dan y = 1
24. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
* Indikator
Soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV
* Soal
Keliling persegipanjang adalah 30
cm. Jika ukuran panjang 5 cm lebihnya dari lebar, maka lebar persegipanjang tersebut
adalah ....
A.
5 cm
B.
10 cm
C.
15 cm
D.
20 cm
* Kunci
jawaban : A
* Pembahasan
25. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan
soal dengan menggunakan teorema Pythagoras
* Indikator Soal
Menentukan bilangan-bilangan yang
merupakan Tripel Pythagoras
* Soal
Perhatikan bilangan-bilangan
berikut :
(1)
13, 12, 5
(2)
6, 8, 11
(3)
7, 24, 25
(4)
20, 12, 15
Bilangan-bilangan di
atas, yang merupakan tripel Pythagoras adalah ....
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (3)
D.
(2) dan (4)
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan
132 = 122 + 52
169 = 144 + 25
169 = 169
Jadi 13, 12, 5 merupakan tripel Pythagoras
252 = 242 + 72
625 = 576 + 49
625 = 625
Jadi 7, 24, 25 merupakan tripel Pythagoras
26. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung
luas bangun datar
* Indikator Soal
Menghitung luas segiempat
* Soal
Panjang sisi sejajar pada trapesium sama kaki adalah 15 cm
dan 25 cm. Jika panjang kaki trapesium 13 cm, maka luas trapesium adalah ....
A.
120 cm2
B.
240 cm2
C.
360 cm2
D.
480 cm2
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan
27. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung keliling bangun datar
dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari
* Indikator Soal : Menghitung keliling gabungan
beberapa bangun datar
* Soal
Perhatika
gambar!
Keliling bangun pada gambar di atas adalah ....
A.
34 cm
B.
50 cm
C.
52 cm
D.
60 cm
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan
Jadi keliling
bangun = 52 cm
28. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung
besar sudut pada bidang datar
* Indikator Soal
Menentukan besar salah satu sudut
yang saling berpenyiku/ berpelurus
* Soal
Perhatikan gambar!
Besar Ð COE pada gambar di atas adalah
....
A.
750
B.
720
C.
650
D.
620
* Kunci
jawaban : B
* Pembahasan
29. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung besar sudut yang
terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan
garis lain
* Indikator Soal
Menghitung besar sudut yang saling berhubungan (sehadap,
bertolak belakang, berseberangan, atau sepihak)
* Soal
Perhatikan
gambar!
Nilai y pada gambar di atas adalah ....
A.
200
B.
300
C.
350
D.
400
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan
1200 + 3x0 = 1800
3x0 =
600
2y0 =
3x0
2y0 =
600
y0 =
300
30. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung
besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran
* Indikator Soal
Menghitung besar sudut pusat atau
sudut keliling pada lingkaran
* Soal
Perhatikan gambar!
Besar Ð BOC pada gambar di atas adalah
....
A.
450
B.
500
C.
900
D.
1000
* Kunci
jawaban : C
* Pembahasan
Ð BAC
= 250 + 200 = 450
Ð BOC
= 2 ´ Ð BAC = 900
31. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan
* Indikator
Soal
Menghitung panjang sisi pada dua segitiga sebangun
* Soal
Perhatikan gambar!
Panjang EF pada gambar di atas adalah ....
A.
6,25 cm
B.
6,75 cm
C.
7,00 cm
D.
7,25 cm
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan
EF = 1 + 6 = 7 cm
32. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan
* Indikator
Soal
Menyelesaikan
soal yang berkaitan dengan kesebangunan
* Soal
Berikut ini adalah beberapa ukuran foto:
(1). 2 cm ´ 3
cm
(2). 3 cm ´ 4
cm
(3). 4 cm ´ 6
cm
(4). 6 cm ´ 10
cm
Foto yang sebangun adalah ....
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (3)
D.
(3) dan (4)
* Kunci
jawaban : B
* Pembahasan
Foto dengan ukuran 2 cm ´ 3
cm sebangun dengan foto dengan ukuran 4 cm ´ 6
cm, karena panjang sisi-sisi yang bersesuaian sebanding
33. * Kemampuan yang Diuji
Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan konsep kongruensi
* Indikator Soal
Diberikan gambar dua segitiga kongruen, siswa dapat
menentukan pasangan sisi atau sudut yang sama, jika unsur yang diperlukan
diketahui.
* Soal
Perhatikan gambar
!
C F
A B D E
Pasangan sudut yang sama besar
adalah….
A. A dengan D
B. B dengan D
C. B dengan E
D. C dengan F
* Kunci
jawaban: B
* Pembahasan
Besar sudut yang sama harus
diapit oleh panjang sisi yang sama, maka
Ð A =
Ð F ( diapit oleh sisi 1 dan 3 )
ÐB = Ð D (
diapit oleh sisi 1 dan 2 )
dan Ð C =
Ð E ( diapit oleh sisi 2 dan 3 )
34. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan
unsur-unsur bangun ruang sisi datar
* Indikator Soal
Siswa dapat menentukan banyak diagonal sisi, bidang diagonal atau diagonal
ruang pada kubus atau balok
* Soal
Banyak sisi pada
prisma dengan alas segi-9 adalah ….
A. 10 C. 18
B. 11 D. 27
* Kunci
jawaban: B
* Pembahasan
Banyak sisi = alas + sisi tegak + tutup
= 1
+ 9 + 1
= 11
35. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan
jaring-jaring bangun ruang
* Indikator Soal
Diberikan gambar rangkaian persegi,
siswa dapat menentukan persegi yang merupakan alas bila tutupnya diketahui
* Soal
Rangkaian persegi di bawah adalah
jaring-jaring kubus. Jika nomor 2
merupakan alas kubus, maka yang merupakan tutup kubus adalah nomor ….
A.
1 C. 5
B. 4 D. 6
* Kunci
jawaban: C
* Pembahasan
Cukup jelas
36. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung
volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator Soal
Siswa dapat menghitung volume
kubus, balok, prisma, atau limas
* Soal
Volum balok yang
berukuran panjang 8 cm, lebar 6 cm dan tinggi 3 cm adalah ....
A.
144 cm3 C. 34 cm3
B. 124 cm3 D. 18 cm3
* Kunci
jawaban: A
* Pembahasan
Panjang = 8
cm, lebar = 6 cm, tinggi = 3 cm
Volume = p ´
l ´ t
= 8 ´ 6 ´ 3
= 144 cm3
37. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung
volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator
Soal
Siswa dapat menghitung volume tabung, kerucut, atau bola
* Soal
Volum
kerucut dengan panjang jari-jari 5 cm,
dan tinggi 12 cm. adalah ….
(p =
3,14)
A. 314 cm3 C. 628 cm3
B. 471 cm3 D. 942 cm3
* Kunci
jawaban: A
* Pembahasan
Diketahui : r = 5 cm dan t = 12 cm
V = x pr2t
= x 3,15 ( 5 x 5) x 12
= 314 cm
38. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung
volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator
Soal
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi lengkung
* Soal
Perhatikan gambar bandul yang dibentuk oleh kerucut dan
belahan bola!
39 cm
30 cm
Volum
bandul tersebut adalah .... (p=3,14)
A. 15.543 cm³ C. 18.681 cm³
B. 15.675 cm³ D. 18.836 cm³
* Kunci jawaban : A
* Pembahasan
39. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung
luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator Soal
Siswa dapat menghitung luas permukaan kubus,
balok, prisma, atau limas
* Soal
Keliling alas
sebuah kubus 28 cm.
Luas seluruh
bidang sisi kubus tersebut adalah ….
A. 343 cm2 C. 168 cm2
B. 294 cm2 D. 49 cm2
* Kunci
jawaban : B
* Pembahasan
Diketahui : rusuk alas = 28 : 4 = 7 cm
L = 6r2 = 6 ´ 72
= 294 cm2
40. * Kemampuan yang Diuji
Menghitung luas permukaan bangun
ruang sisi datar dan sisi lengkung
* Indikator Soal
Siswa dapat menghitung luas permukaan tabung,
kerucut, atau bola
* Soal
Luas seluruh permukaan tabung
tanpa tutup yang panjang jari-jarinya 7 cm dan tingginya 10 cm adalah ….
A. 154 cm2
C.
594 cm2
B. 440 cm2 D.
748 cm2
* Kunci
jawaban : C
* Pembahasan
Diketahui : r = 7 cm dan t = 10 cm
L = L.alas + L. selimut
L = pr2 + 2prt
= × ( 7 × 7) +
(2 ×× 7 × 10)
= (154 + 440) cm2 = 594
cm
41. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan ukuran pemusatan dan
menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator Soal
Siswa dapat menghitung mean , median, atau modus
data tunggal
* Soal
Modus dari data 7,
8, 6, 5, 6, 5, 8, 7, 6, 9 adalah ....
A. 6 C. 6, 7
B.
6, 5 D. 7
* Kunci
jawaban: A
* Pembahasan
Modus adalah nilai yang paling sering muncul yaitu 6
42. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan ukuran pemusatan dan
menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator
Soal
Siswa dapat
menghitung mean , median, atau modus data tunggal pada tabel frekuensi
* Soal
Perhatikan tabel!
Nilai
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Frekuensi
|
2
|
6
|
4
|
8
|
6
|
7
|
5
|
2
|
Median dari data
pada tabel di atas adalah ….
A. 6 C.
7
B. 6,5 D. 7,5
* Kunci
jawaban: B
* Pembahasan
Mediannya =
=
= 6,5
(karena 40 data, jika diurutkan suku tengahnya adalah
ke-20 dan 21)
43. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan ukuran pemusatan dan
menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator Soal
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan nilai rata-rata
* Soal
Perhatikan tabel
berikut :
Nilai
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Frekuensi
|
2
|
7
|
5
|
4
|
2
|
Banyak siswa yang mendapat nilai
lebih dari nilai rata-rata adalah ….
A.
5 orang C. 7 orang
B. 6 orang D. 11 orang
* Kunci
jawaban: D
* Pembahasan
Nilai rata-rata =
5, 85
Nilai lebih dari
5,85 yaitu nilai 6, 7 dan 8
Banyak siswa yang
mendapat nilai lebih dari rata-rata= 5 + 4 + 2 = 11 orang
44. * Kemampuan yang Diuji
Menentukan ukuran pemusatan dan
menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator Soal
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan nilai rata-rata
* Soal
Tinggi rata-rata 8 orang pemain Volly adalah 176 cm.
Setelah 2 orang keluar dari tim Volly,
tinggi rata-ratanya menjadi 175 cm. Tinggi rata-rata pemain yang keluar itu
adalah ….
A. 169 cm C. 174 cm
B. 171 cm D. 179 cm
* Kunci
jawaban : D
* Pembahasan
Jumlah tinggi pemain
yang keluar = 8 ´ 176 – 6 ´175
= 358 cm
Tinggi rata-rata = 358 : 2 = 179 cm
45. * Kemampuan yang Diuji
Menyajikan
dan menafsirkan data
* Indikator Soal
Siswa dapat menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang,
diagram lingkaran, atau diagram garis
* Soal
Data penjualan beras dari toko
sembako pada lima hari minggu pertama bulan Januari adalah sebagai berikut
Rata-rata banyak
beras yang terjual setiap hari pada minggu tersebut adalah ….
A.
35 kwintal C. 42 kwintal
B.
40 kwintal D. 44 kwintal
* Kunci
jawaban: C
* Pembahasan
Rata-rata beras
terjual = = = 42 kwintal
0 komentar:
Posting Komentar